Rabu, 27 November 2013

Tugas Paper (1) Softskill Pengantar Telematika, Farhah 12110612 4ka26.

Paper 1

1.      Pengertian Telematika
1.1.   Definisi Telematika
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “Telematique” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.[1]
1.2.   Perkembangan Telematika
Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan dan gagasan ke lingkungan sosial secara verbal. Dalam beberapa kasus, dengan menggunakan simbol-simbol material berupa ukiran pada batu, dinding gua dan lainnya. Komunikasi tertulis yang mulanya dikembangkan memungkinkan informasi untuk disimpan dan dibaca oleh orang-orang lain dimasa yang akan datang. Penyimpanan dan pengalihan informasi melalui teknologi umumnya berlangsung secara lamban, mahal dan membutuhkan banyak tenaga.
Dengan ditemukannya teknologi cetak (printing technology) informasi dapat dialihkan lebih banyak orang, di wilayah yang lebih luas dengan biaya yang lebih murah. Di peralihan millenium sekarang, perkembangan media elektronik, mencakup radio, televisi dan telepon telah memungkinkan penurunan waktu pengalihan informasi secara dramatik.
Jarak geografis, kini tidak lagi menjadi penghalang dalam proses komunikasi dan pertukaran informasi. Biaya penyimpanan dan pengantaran informasi secara elektronik kini telah semakin banyak ditentukan oleh kebijakan publik, jika dibandingkan dengan faktor-faktor teknikal.
Komputer-komputer digital dan media penyimpanan informasi berskala besar dan massal telah memungkinkan terwujudnya basis data dengan kemampuan untuk memproses dan memanipulasi informasi. Tidak dengan informasi tertulis, data yang disimpan secara elektronik, kecuali bagi perangkat keras dan perangkat lunak untuk melakukan decoding (seperti komputer dengan kartu baca magnetic).
Teknologi pemrosesan data secara elektronik ini bersama dengan teknologi komputer digital telah menghasilkan sebuah aliansi sinergis baru yang dikenal sebagai teknologi informasi atau teknologi telematika. Ruang, waktu dan biaya secara berangsur-angsur direduksi melalui aplikasi-aplikasi teknologi komputer, penyimpanan massal dan transmisi elektronikal dan optial.
Pengontrolan informasi dalam rangka teknologi seperti ini menjadi lebih terdistribusi ketimbang sebelumnya. Dan peranan-peranan pemerintah, agen-agen komersial, pengusaha swasta menjadi lebih sulit untuk dimengerti. [2]
1.3.   Trend Kedepan Telematika
Bisa dilihat perkembangan telematika dalam teknologi informatika berkembang secara pesat. Manusia saling berkomunikasi jarak jauh sudah sangat mungkin, sudah banyak perangkat keras maupun perangkat lunak yang mengadaptasi konsep telematika, dengan demikian media karena akan adanya transaksi data yang besar ke depannya maka sekarang sudah banyak media penyimpanan data eksternal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Gigabyte, V-Gen, Toshiba dan lain-lain. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan media penyimpanan semakin besar untuk mendokumentasikan segala sesuatu yang berbentuk data. Kemungkinan besar di masa depan segala sesuatunya akan bersifat otomatis, dengan ilmu telematika dan mesin yang dikembangkan maka akan  tercipta mesin dengan tingkat integritas yang tinggi serta memiliki kemampuan beradaptasi sendiri atau dengan kata lain disebut Robot dengan tujuan untuk memudahkan semua pekerjaan dan kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi setiap harinya.[3]

2.      Aristektur pada Telematika
1.1.   Arsitektur Sisi Client
Arsitektur client merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi dan cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan.
Karakteristik Klien, yaitu :
a)         Memulai terlebih dahulu permintaan ke server.
b)         Menunggu dan menerima balasan.
c)         Terhubung pada sejumlah kecil server dengan waktu tertentu.
d)         Berinteraksi langsung pengguna akhir dengan menggunakan GUI.
1.2.   Arsitektur Sisi Server
Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.
Karakteristik Server, yaitu :
a)         Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
b)         Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
c)         Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
d)         Jenis-jenisnya yaitu : web server,FTP server, database server, e-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan juga jenisnya server. [4]

3.      Layanan pada Telematika
1.1.   Layanan Informasi
Pada hakikatnya, penggunaan telematika dan aliran informasi harus berjalan sinkron dan penggunaannya harus ditujukan untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui internet dan telepon. Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan seperti warnet dan wartel.
Oleh karena itu, langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan e-commerce bagi usaha kecildan menengah sangat diperlukan. Dengan begitu, akan terbentuk balai informasi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
1.2.   Layanan keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan keamanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses kontrol dan auditin.
Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Dengan kata lain, layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh layanan keamanan, yaitu :
a.      Navigation assistant
b.      Weather, stock information
c.       Entertainment and m-commerce
d.      Penggunaan firewall dan antivirus
1.3.   Layanan context-aware dan event base
Merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna/ user dan pengguna network serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter.
Beberapa konteks dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
1.4.   Layanan perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Merupakan layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. Layanan ini juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.[5]


Daftar Pustaka


Minggu, 03 November 2013

Tugas Softskill (Farhah, 12110612, 4ka26) Pengantar Telematika



APA ITU TELEMATIKA?
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).1

Informasi yang disajikan dari satu arah yang menggunakan sistem pemancar. Sistem yang disajikan dalam satu arah yaitu bertemunya antara jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Sistem dalam tematika menggunkan gelombang – gelombang sinyal yang tidak dipakai dalam mengirimkan informasi , informasi yang ditampilkan sebagai sinyal – sinyal digital yang diterima. Telematika memiliki metode dengan menggunakan kapasitas cadangan sinyal berfungsi untuk memberikan informasi secara terpisah dari layanan dan dapat diperbaharui secara terus menerus. Telematika menampilkan huruf, angka, garis dan kode – kode.
Perkembangan telematika saat ini dari system yang sangat sederhana hingga menjadi digital. Tidak ada banyak perubahan dalam telematika. Saat ini telematika hanya menggalami penambahan dan perbaikan dalam system telematika yang sudah ada sebelumnya. Banyak sekali kegunaan telematika saat ini, telematika memberikan berbagai macam informasi yaitu mengenai informasi berita yang disajikan dalam bentuk teks berwarna,perkiraan cuaca dan masih banyak kegunaan telematika lainya. Dengan adanya telematika kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan sistem. Dimana kita dapat meminta dan menerima informasi yang lebih spesifikasi, selain itu kita dapat dengan mudah mengetahui perkembangan informasi . 2

DAMPAK & MANFAAT TELEMATIKA
Dampak Positif
Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih efisien dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat.
Dampak yang akan muncul penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu :
     1)    Penghematan transportasi dan bahan bakar
     2)    Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
     3)    Mengembangkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.
Dampak Negatif
  • Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  • Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
  • Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
  • Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
  • Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.

Manfaat Telematika
  • Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  • Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  • Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
  • Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
  • Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.

Telematika dapat diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi.

Istilah telematika juga sering dipakai untuk beberapa macam bidang, seperti :
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Layanan Telematika dibidang Informasi
Penggunaan teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.

Layanan Telematika dibidang Keamanan
Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.

Layanan Context Aware dan Event-Based
Di dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.

Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.


Daftar Pustaka