Paper 2
1.
Teknologi
1.1. Jaringan Wireless
Jaringan nirkabel (wireless network) adalah bidang disiplin yang
berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel.
Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak
yang dekat maupun jarak jauh.
Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi
informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori
jaringan nirkabel ini meliputi jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN) dan wi-fi.
Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan
sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa
kabel,seperti gelombang radio, gelombang mikro,maupun cahaya infra merah.[1]
1.2. Terminal
Merupakan layanan yang digunakan untuk mengakses aplikasi atau data yang
disimpan dalam komputer jarak jauh melalui sebuah koneksi jaringan.[2]
2.
Fitur Pada Antarmuka Telematika
1.1. Penjelasan Antarmuka Pengguna Telematika
Antarmuka pemakai (user interface) merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai dapat menerima informasi dari
pengguna dan memberikan informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada
pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan
suatu solusi. User interface berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke
dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES). Menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga
user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting
dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan
sistem, interaktif, komunikatif sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/
membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.[3]
1.2. Fitur Pada Antarmuka Pengguna Telematika
Merupakan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai
sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Dalam pemakaiannya,
komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.[4]
3.
Teknologi Yang Terkait Antar Muka Telematika
1.1. Head-up Displays Systems
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang
menampilkan data tanpa mengharuskan penggunaannya untuk melihat ke arah yang
lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah
depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat
untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada
penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi yang lainnya.
1.2. Tangible User Interface (TUI)
Merupakan antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi
digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah
tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI adalah Hirosi Ishii, seorang profesor
di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.
Pandangan istimewa untuk TUI disebut tangible bits, yaitu memberikan
bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi
dan diamati secara langsung.
1.3. Computer Vision
Merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam
aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan teori yang digunakan untuk membangun sistem
kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya
dapat berupa bentuk, misalnya urutan video, pandangan dari beberapa kamera,
data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
1.4. Speech Recognation
Dikenal sebagai pengenal suara otomatis komputer. Merupakan salah satu
fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah voice
recognition terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana
sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus
perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu terdapat beberapa aspek
dari pengenal pembicara dan mengenali apa yang sedang dibicarakan.
1.5. Speech Synthesis
Merupakan hasil kecerdasan buata dari pembicaraan manusia. Komputer yang
digunakan untuk tujuan disebut speech syntesizer dan dapat diterapkan pada
perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah
bahasa normal menjadi pembicaraan.[5]
1.6. Browsing Audio Data
Merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video/
audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal
digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera.[6]
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar