Rabu, 27 November 2013

Tugas Paper (1) Softskill Pengantar Telematika, Farhah 12110612 4ka26.

Paper 1

1.      Pengertian Telematika
1.1.   Definisi Telematika
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “Telematique” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.[1]
1.2.   Perkembangan Telematika
Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan dan gagasan ke lingkungan sosial secara verbal. Dalam beberapa kasus, dengan menggunakan simbol-simbol material berupa ukiran pada batu, dinding gua dan lainnya. Komunikasi tertulis yang mulanya dikembangkan memungkinkan informasi untuk disimpan dan dibaca oleh orang-orang lain dimasa yang akan datang. Penyimpanan dan pengalihan informasi melalui teknologi umumnya berlangsung secara lamban, mahal dan membutuhkan banyak tenaga.
Dengan ditemukannya teknologi cetak (printing technology) informasi dapat dialihkan lebih banyak orang, di wilayah yang lebih luas dengan biaya yang lebih murah. Di peralihan millenium sekarang, perkembangan media elektronik, mencakup radio, televisi dan telepon telah memungkinkan penurunan waktu pengalihan informasi secara dramatik.
Jarak geografis, kini tidak lagi menjadi penghalang dalam proses komunikasi dan pertukaran informasi. Biaya penyimpanan dan pengantaran informasi secara elektronik kini telah semakin banyak ditentukan oleh kebijakan publik, jika dibandingkan dengan faktor-faktor teknikal.
Komputer-komputer digital dan media penyimpanan informasi berskala besar dan massal telah memungkinkan terwujudnya basis data dengan kemampuan untuk memproses dan memanipulasi informasi. Tidak dengan informasi tertulis, data yang disimpan secara elektronik, kecuali bagi perangkat keras dan perangkat lunak untuk melakukan decoding (seperti komputer dengan kartu baca magnetic).
Teknologi pemrosesan data secara elektronik ini bersama dengan teknologi komputer digital telah menghasilkan sebuah aliansi sinergis baru yang dikenal sebagai teknologi informasi atau teknologi telematika. Ruang, waktu dan biaya secara berangsur-angsur direduksi melalui aplikasi-aplikasi teknologi komputer, penyimpanan massal dan transmisi elektronikal dan optial.
Pengontrolan informasi dalam rangka teknologi seperti ini menjadi lebih terdistribusi ketimbang sebelumnya. Dan peranan-peranan pemerintah, agen-agen komersial, pengusaha swasta menjadi lebih sulit untuk dimengerti. [2]
1.3.   Trend Kedepan Telematika
Bisa dilihat perkembangan telematika dalam teknologi informatika berkembang secara pesat. Manusia saling berkomunikasi jarak jauh sudah sangat mungkin, sudah banyak perangkat keras maupun perangkat lunak yang mengadaptasi konsep telematika, dengan demikian media karena akan adanya transaksi data yang besar ke depannya maka sekarang sudah banyak media penyimpanan data eksternal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Gigabyte, V-Gen, Toshiba dan lain-lain. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan media penyimpanan semakin besar untuk mendokumentasikan segala sesuatu yang berbentuk data. Kemungkinan besar di masa depan segala sesuatunya akan bersifat otomatis, dengan ilmu telematika dan mesin yang dikembangkan maka akan  tercipta mesin dengan tingkat integritas yang tinggi serta memiliki kemampuan beradaptasi sendiri atau dengan kata lain disebut Robot dengan tujuan untuk memudahkan semua pekerjaan dan kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi setiap harinya.[3]

2.      Aristektur pada Telematika
1.1.   Arsitektur Sisi Client
Arsitektur client merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi dan cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan.
Karakteristik Klien, yaitu :
a)         Memulai terlebih dahulu permintaan ke server.
b)         Menunggu dan menerima balasan.
c)         Terhubung pada sejumlah kecil server dengan waktu tertentu.
d)         Berinteraksi langsung pengguna akhir dengan menggunakan GUI.
1.2.   Arsitektur Sisi Server
Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.
Karakteristik Server, yaitu :
a)         Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
b)         Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
c)         Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
d)         Jenis-jenisnya yaitu : web server,FTP server, database server, e-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan juga jenisnya server. [4]

3.      Layanan pada Telematika
1.1.   Layanan Informasi
Pada hakikatnya, penggunaan telematika dan aliran informasi harus berjalan sinkron dan penggunaannya harus ditujukan untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui internet dan telepon. Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan seperti warnet dan wartel.
Oleh karena itu, langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan e-commerce bagi usaha kecildan menengah sangat diperlukan. Dengan begitu, akan terbentuk balai informasi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
1.2.   Layanan keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan keamanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses kontrol dan auditin.
Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Dengan kata lain, layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh layanan keamanan, yaitu :
a.      Navigation assistant
b.      Weather, stock information
c.       Entertainment and m-commerce
d.      Penggunaan firewall dan antivirus
1.3.   Layanan context-aware dan event base
Merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna/ user dan pengguna network serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter.
Beberapa konteks dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
1.4.   Layanan perbaikan sumber (Resource Discovery Service)
Merupakan layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. Layanan ini juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.[5]


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar