Selasa, 13 September 2011

ISD 4 "Artikel Bencana Alam 1 => Tema : LETUSAN GUNUNG BERAPI TAHUN 2010" farhah, 1ka31, 12110612

LETUSAN GUNUNG BERAPI TAHUN 2010
Letusan merapi merupakan rangkaian peristiwa gunung berapi yang terjadi di Merapi, Indonesia. Aktivitas seismik dimulai pada akhir September 2010, dan menyebabkan letusan gunung merapi pada tanggal 26 Oktober 2010. Korban Merapi semakin hari semakin bertambah. Hari pertama petugas yang sedang melakukan evakuasi sudah menemukan paling sedikit 28 orang yang tewas. Termasuk mbah Marijan. Saat ini, erupsi masih di keluarkan. Dan status merapi masih awas. Peningkatan aktivitas mengakibatkan gempa tremon, dll dan menimbulkan kubah lava. Saat ini lava membentuk kubah-kubah yang baru. 

Pelaksanaan Kurban di Merapi

Bahwa pembagian daging kurban pada hari pertama berjalan sangat lancar. Sore hari, para relawan membantu memasak menu rendang yang berasal dari daging kurban tersebut. Pada pukul 17.05, para relawan yang berada di dapur umum sedang melakukan pembungkusan nasi bagi para korban.

Menurut Pendapat Saya Tentang Artikel diatas adalah :

Solusi yang dilakukan setelah terjadinya bencana alam tersebut adalah Pemerintah harus tanggap pada bencana alam tersebut,merelokasikan/ mengungsikan korban, Memberikan bantuan, baik sandang pangan sandang dan papan dengan baik dan tercukupi, melakukan pengawasan terhadap letusan gunung merapi. Memberikan informasi kepada korban agar tidak terjadi kepanikan yang berlebihan. Mengganti kerugian para korban, membuat dapur umum dan lokasi ungsian yang layak, menyediakan obat-obatan, peralatan medis, masker, maupun kantong jenazah. POLRI/ TNI/ PMI/ Relawan harus siaga dalam mengevakuasi tempat yang sekiranya dinyatakan rawan bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar