Selasa, 13 September 2011

Tugas Pokok ISD 4 ( Individu, Masyarakat, Keluarga) farhah, 1ka31, 12110612



INDIVIDU, KELUARGA, & MASYARAKAT

Faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan individu :
1.     Pertumbuhan Individu ditentukan oleh faktor yang dibawa sejak lahir
(Pertumbuhan Individu pada Pendirian Navistik)
2.     Pertumbuhan Individu yang tergantung pada lingkungan
(Pertumbuhan Individu pada Pendirian Empiristik dan Environmentalistik)
3.     Pertumbuhan Individu yang ditentukan oleh interaksi dasar
(Pertumbuhan Individu pada Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme)
Keluarga merupakan satuan masyarakat terkecil. Fungsi keluarga pada umumnya yaitu sebagai :
1.     Pemuas kebutuhan perorangan
2.     Proses Sosialisasi sejak manusia itu lahir
3.     Pemeliharaan Biologis, pembentukan kepribadian manusia
4.     Menentukan ajaran keagamaan yang dianut/ dipercayai sebagai pedoman
5.     Sebagai Penentu Ekonomi
6.     Sebagai kontrol sosial
7.     Merupakan Eksponer dari kebudayaan masyarakat

Pelajar dan Intelektualisme
Pelajar merupakan suatu identitas sosial yang terdidik dan terpelajar, kaum muda untuk masa depan yang hidup dalam lingkungan yang kondusif dan ilmiah. Keanekaragaman pada potensi pelajar baik prestasi akademik maupun non akademik adalah hasil karya kreatifitas anak bangsa yang akan menghantarkan dan mengukir kesejarahan dunia. Pena merupakan senjata yang paling utama bagi pelajar untuk mewujudkan cita-citanya, dari kata yang tersusun secara sistemik akan menjadi proporsi-proporsi yang kemudian melahirkan pemikiran dan gagasan/ ide untuk disebarluaskan sebagai karya intelektual dan dijadikan bahan refleksi dialektis masyarakat dalam melakukan perubahan membangun dan menata perubahan akibat dari dampak globalisasi. Perpustakaan merupakan ekstensi taman kultur belajar secara ilmiah mencari informasi sebagai ilmu dengan melahirkan suatu gagasan/ ide/ pemikiran untuk membangun dan menata peradaban yang kian berkembang dengan cepat. Disamping itu, dukungan dari fasilitas komunikasi yang semakin berkembang akan semakin mudah untuk menemukan/ melahirkan suatu ide/ gagasan sehingga dikembangkan dengan luas.  Contohnya : Dengan internet, kita dapat menggali informasi dengan tema apapun dan nara sumber yang berbeda. Jadi, semakin kita menggali ilmu dari berbagai sumber informasi dan pintar untuk mengolah/ mengembangkan ilmu tersebut maka semakin cepat untuk meraih cita-cita dan siap bersaing pada zaman globalisasi yang memicu adanya era kompetisi.

Perguruan Tinggi Yang Membuat Perubahan
Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang senantiasa dituntut untuk mengikuti perubahan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan melaju. Karena perguruan tinggi merupakan agen perubahan. bentuk-bentuk perubahan yang dilakukan oleh perguruan tinggi sangat bervariatif, yang biasanya disesuaikan dengan visi dan misinya dan faktor pendorongnya pun juga sangat bervariatif, baik dorongan yang berasal dari internal maupun eksternal pada suatu kampus.
Faktor-faktor yang mendorong perubahan pada perguruan tinggi yaitu mendapat dorongan dari keinginan internal pengelola kampus untuk melakukan perubahan tersebut. Perguruan tinggi umumnya memiliki beberapa alasan yang sama untuk melakukan suatu perubahan. Alasan yang sangat mendorong yakni merubah perguruan tinggi tersebut menjadi taraf internasional dan bersaing di era kompetitif globalisasi.  Alasan tersebut merupakan sangat wajar, dilakukan oleh setiap lembaga perguruan tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar