Selasa, 13 September 2011

ISD 4 "Artikel Bencana Alam 1 => Tema : Banjir Bandang Wasior " farhah, 12110612, 1ka31

BANJIR BANDANG WASIOR

Angka korban tewas akibat banjir bandnag di kota Wasior, Kabupaten teluk Wandoma, Papua Barat terus bertambah. Sampai dengan pukul 16.00, korban tewas yang sudah ditemukan sebanyak 83 orang.
“64 orang lainnya dinyatakan hilang. Mereka diperkirakan tertimbun lumpur setinggi 2-3 meter atau hilang terbawa banjir ke laut,” kata Staff Khusus Presiden bidang Otda, Velix Wanggai, Rabu (6/10/2010/

www.detiknews.com

Pendapat saya tentang artikel diatas
Pemda harus tanggap dengan mengerahkan seluruh satuan keamanan/ TNI/ POLISI, maupun para relawan untuk melakukan evakuasi dalam pencarian korban. Selain itu, pemda juga harus meminta dana sebagai ganti rugi mereka. Sediakan pakaian, peralatan medis, tenda, masker dan kantong jenazah untuk memenuhi kebutuhan korban tersebut. Banjir bandang juga diprediksi terjadi karena curah hujan yang tinggi dan kemudian air hujan mengalir deras ke arah kota Wasior yang berada pada daerah dataran rendah atau di kaki gunung. Untuk pencegahan, pemda harus aktif menghimbau masyarakatnya untuk bekerjasama dalam membuat kawasan hijau (reboisasi). Selain itu, penyerapan air dengan cara mengurangi pengkonsumsian air tanah secara langsung juga membantu dunia untuk mengurangi dampak pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar