Selasa, 13 September 2011

farhah
1ka31
12110612
 
Pengertian Penduduk
 
Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah/ negara yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi atau ketergantungan  satu sama yang lainnya secara terus menerus. Istilah penduduk menurut sosiologi, yaitu penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Jadi pengertian penduduk secara keseluruhan adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah/ ruang tertentu yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi/ ketergantungan satu dengan yang lainnya secara terus menerus.
Penduduk pada suatu negara/ daerah bisa diartikan menjadi 2 bagian, yaitu :
1.     Orang yang tinggal di daerah tersebut
2.     Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut
Dilihat dari letak demografis penduduk indonesia, pertambahan penduduk secara alamiah (jumlah orang yang lahir dikurangi jumlah yang meninggal), migrasi penduduk khususnya dari wilayah perdesaan (rural) ke wilayah perkotaan (urban) serta reklasifikasi (perubahan status suatu desa/ lokalitas), dari lokalitas rural menjadi lokalitas urban. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh sensus badan pusat statistik. Pertambahan penduduk alamiah berkontribusi sekitar 1/3 bagian sedangkan migrasi dan reklasifikasi memberikan peranan yang sangat penting 2/3 kepada kenaikan jumlah penduduk perkotaan di Indonesia. Kegiatan yang jenisnya industri dan jasa di kota-kota, semakin berkembang secara global yang telah membangun perekonomian di kota, sedangkan pada ekonomi perdesaan, khususnya ekonomi lokal, semakin memperlemah keterkaitannya (lingkages). Dampak yang nyata adanya permintaan tenaga kerja yang pada umumnya sangat memacu  permintaan tenaga laju pergerakan penduduk dari desa ke kota.
Jadi kesimpulannya adalah pertambahan penduduk di Indonesia  khususnya antara daerah surplus/ perkotaan lebih meningkat dibandingakn dengan daerah pedesaan karena sangat dipengaruhi oleh urbanisasi penduduk yang memiliki banyak faktor pendorong/ penarik dari daerah perkotaan yang menyebabkan peningkatan urbanisasi yang cukup tinggi pada setia tahunnya. Dengan adanya pertambahan penduduk di daerah perkotaan, juga menyebabkan peningkatan angka kelahiran sehingga penduduk di kota semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar