Sabtu, 14 Maret 2015

Bulan Pertama

Nama : Farhah
NPM : 12110612
Kelas : 3KA39


Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2
Softskill


Contoh Kasus Metode Induktif :

PENDAHULUAN

Pada saat ini remaja lebih menyukai tari-tarian dari barat seperti break dance, shuffle, salsa, modern dance dan lain sebagainya. Begitupula dnegan jenis musik pada umumnya yang menyukai rock, blues, jazz maupun reff. Tarian dan kesenian tradisional mulai ditinggalkan dan beralih mengikuti tren barat. Penerimaan terhadap bahaya luar yang masuk tidak disertai dengan pelestarian budaya sendiri. Kesenian dan budaya luar perlahan-lahan menggeser kesenian dan budaya tradisional. [1]

ANALISIS CONTOH KASUS

Sebelumnya, saya akan menjelaskan sedikit “Apa itu Induktif”

Paragraph Induktif adalah paragraph yang diawali dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus (mengandung pembuktian dan contoh-contoh fakta) yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum. Paragraph Induktif sendiri dikembangkan menjadi beberapa jenis. Pengembangan tersebut yakni paragraph generalisasi ( proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum ), paragraph analogi (persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain/ pembentukkan kata baru dari kata yang telah ada), paragraph sebab-akibat dan paragraph akibat-sebab.

Dari informasi yang sudah saya jelaskan terbukti bahwa contoh kasus diatas merupakan metode induktif yang dimana menjelaskan tentang permasalahan-permasalahan khusus yaitu bahwa remaja jaman sekarang lebih menyukai budaya barat dibandingkan dengan kesenian dan budaya tradisional. Dan kalimat tersebut dikembangkan menjadi sebuah kesimpulan umum yaitu Penerimaan terhadap bahaya luar yang masuk tidak disertai dengan pelestarian budaya sendiri. Dan membentuk sebuah analogi yang disebutkan bahwa Kesenian dan budaya luar perlahan-lahan menggeser kesenian dan budaya tradisional.


Sumber Informasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar