Sabtu, 08 Oktober 2011

 BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG PEMBUATAN TUGAS
          Manusia adalah mahluk sosial yang cinderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya untuk mencapai suatu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.
          Kata organisasi berasal dari 2 pengertian umum, yaitu sebagai suatu lembaga atau fungsional, seperti perguruan tinggi, perkumpulan olahraga dan lainnya yang merupakan proses pengorganisasian, pengalokasian dan penugasan para anggotanya untuk mencapai tujuan yang efektif.
          Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi yang tercipta di perusahaan yang bersangkutan. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi, terutama struktur organisasi yang digunakan.
          Banyak Bentuk Organisasi di dalam kalangan masyarakat. Seperti, Negara, Partai Politik, Organisasi Masyarakat (ORMAS), Sekolah, Perguruan Tinggi, Lembaga Masyarakat, sampai organisasi yang terkecil yaitu keluarga.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok :
1.       Interaksi manusia
2.       Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.       Struktur organisasi itu sendiri.
Unsur-unsur dasar yang membentuk organisasi yaitu :
-          Adanya tujuan bersama.
-          Adanya kerjasama dua orang atau lebih.
-          Adanya pembagian tugas
-          Adanya kehendak untuk bekerjasama.
Pola Organisasi dibagi menjadi 2 bagian yaitu Organisasi Formal dan Organisasi Informal. Umumnya setiap organisasi formal biasanya mengandung kedua unsur pola tersebut dimana organisasi formalnya yang dijadikan pedoman tegas dalam struktur organisasinya. Sedangkan organisasi informal akan dengan sendirinya muncul karena kebutuhan karyawan untuk bermasyarakat atau bersosialisasi dengan dan berhubungan  karyawan yang lain.
          Maka sehubung dengan hal tersebut, disini akan dibahas tuntas mengenai materi organisasi. Alasan saya membuat makalah untuk memberi referensi kepada pembaca untuk membimbing menjadi pemimpin dalam suatu organisasi serta membantu mengambil keputusan yang baik juga memecahkan masalah yang sering terjadi dalam suatu organisasi.
          Sasaran  pembelajaran dalam tema ini, yaitu dapat menjelaskan istilah organisasi, hubungan yang erat antara manajemen dan organisasi, hubungan antara manajemen dan tata kerja, hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja. Mengerti ciri-ciri organisasi, unsur organisasi, dan teori organisasi. Mampu mengklasifikasikan serta menjelaskan pengertian organisasi niaga, sosial secara umum dan regional internasional, mampu menjelaskan masing-masing perbedaan antara organisasi niaga dan sosial, organisasi menurut wilayah regional dan internasional. Menyebutkan ciri-ciri dari organisasi dengan mengingat pengertian umum dari organisasi, menjelaskan definisi bentuk organisasi menurut beberapa orang ahli organisasi manajemen, dapat menyebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu organisasi. Dapat menjelaskan rentang kendala (span of control) dengan batasan-batasan, dapat menyebutkan bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya lalu menjelaskan skema organisasi. Menyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pergerakan atau proses berjalannya suatu organisasi. Menjelaskan konflik dan menyebutkan jenis-jenis konflik, menyebutkan sebab-sebab timbulnya konflik organisasional. Memberikan contoh bidang struktural dalam organisasin dimana sering terjadi konflik. Membedakan teori motivasi yang diperkenalkan oleh Mc Gregor, Abraham maslow, David Mc Cellend, Herzberg. Dan sebagainya akan dijelaskan secara mendetail.
B.    4 KARAKTERISTIK UTAMA DALAM SEBUAH ORGANISASI
a.      Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 3 bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup), dan harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi.
b.      Kumpulan orang
Jelas, tidak mungkin, jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri, dari definisi dapat dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersama.
c.       Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapih, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.
d.      Sistem dan Prosedur
Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi. Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap ekstensi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik, budaya, juga alam sekitar. Jadi kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan.
C.      MANFAAT DAN TUJUAN
a.      Manfaat
Dapat mengetahui tujuan membuat organisasi, mengubah kehidupan pada masyarakat, dan menawarkan karier baik yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Dapat memiliki fondasi untuk membangun suatu organisasi. Pandai mengatur, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah dalam suatu permasalahan yang sering terjadi di dalam lingkungan pengorganisasian.  
      b.    Tujuan
Organisasi selalu berkembang pesat karena adanya muncul fenomena pada organisasi tersebut. Maka peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nantinya akan mengukir ilmu pengetahuan organisasi. Dapat terjun langsung mempraktekan teori yang sudah ada dan dijelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar